Keuangan

Pakai Kompor Listrik Vs Lpg, Lebih Hemat Mana Bund?

Mungkin sekilas sudah terlihat mana yang terbaik, desain yang modern, dan sebagainya. Namun pastikan untuk memilih yang memang berguna untuk kegiatan sehari-hari. Usahakan memilih yang memang dibutuhkan dan memang aman dan ramah di kantong maupun di rumah. Kompor listrik juga dipercaya jauh lebih aman dibandingkan dengan yang gas. Tidak perlu takut lagi yang namanya gas bocor maupun meledak di dalam rumah.

Jika Anda memiliki aktivitas rutin dalam membuat kue dengan produksi yang banyak, maka sebaiknya Anda menggunakan oven gas. Tapi jika Anda tidak terlalu rutin dalam memproduksi kue dan memiliki ruang yang terbatas, sebaiknya Anda menggunakan oven listrik. Namun jika langsung digunakan untuk bahan bakar generator pada pembangkit listrik atau pada kendaraan bermotor, biogas tidak perlu diberi bau dan bisa langsung digunakan. Tak ingin direpotkan oleh kompor gas di setiap kali memasak bisa dialihkan dengan kompor listrik. Adalah sebuah pilihan terbaru di era modern dalam penyajian masakan tanpa harus menggunakan tabung gas serta kompornya. Prinsip kerjanya pun sangat simple yakni energy listrik menghasilkan panas pada kumparan kompor dan dari energy panas yang diperoleh itu adalah sumber pengapian utama untuk memasak.

Dengan sistem induksi yang digunakannya, kompor listrik mempunyai kemampuan untuk menyebarkan panas dengan lebih merata dibandingkan kompor gas yang menggunakan sumbu. Belum lagi saat sumbu-sumbu kompor gas ada yang mati dan api tidak menyala dengan penuh, membuat penyebaran panas tidak merata. Kompor listrik dengan gelombang elektromagnetik yang dikeluarkannya tidak mempunyai masalah seperti itu dan membuat proses memasak Anda lebih menyenangkan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, orang terdemotivasi untuk berpindah ke kompor listrik karena harganya yang tampak mahal di awal. Padahal faktanya, kompor listrik jauh lebih hemat biaya dibandingkan kompor gas dalam jangka panjang.

Artinya Anda dapat menghemat waktu dalam memasak, dan mengalokasikan waktu untuk kegiatan lainnya. Selain itu, tidak ada kemungkinan kebocoran gas dan tanpa api terbuka, kebakaran juga sepenuhnya dapat dihindari.

Atau perangkat lain yang menggunakan thermostat untuk memicu nyala-mati perangkat secara otomatis. Bahan bakar minyak ringan seperti minyak diesel, minyak tanah, minyak mesin jet, dan bahan bakar gas yang bersih paling cocok untuk turbin gas. Bagaimanapun, bahan bakar tersebut di atas akan menjadi lebih mahal dan pasti akan habis. Oleh karena itu, pemikiran ke masa depan harus dilakukan untuk menggunakan bahan bakar alternatif lain. Turbin gas digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik yang berdiri sendiri atau dengan turbin uap pada sisi suhu tingginya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button